Universitas Quality Berastagi Gelar Bimtek Penyusunan dan Pengupdate-an RPS untuk Tingkatkan Kualitas Pembelajaran
Berastagi, 4 Agustus 2025 – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan memastikan kesesuaian Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan kebijakan Kampus Berdampak, Universitas Quality Berastagi menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan dan Pengupdate-an RPS bagi dosen di lingkungan kampus.
Kegiatan yang berlangsung ini diikuti oleh seluruh dosen tetap dari berbagai program studi. Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai standar nasional pendidikan tinggi, penyesuaian kurikulum berbasis OBE (Outcome-Based Education), serta integrasi nilai-nilai MBKM ke dalam RPS.
Rektor Universitas Quality Berastagi, Jainal Togatorop dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen universitas untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran dan relevansi kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja serta perkembangan zaman.
“RPS merupakan dokumen penting yang menjadi panduan dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Dengan adanya pembaruan dan penyusunan yang tepat, kami yakin proses belajar mengajar akan berjalan lebih terarah, efektif, dan sesuai kebutuhan industri,” ungkap beliau.
Narasumber utama dalam kegiatan ini adalah Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Novi Tari Simbolon Bersama dengan tim Gugus Mutu Fakultas Sri Hara Bintang Simbolon, Nenni Surbakti, Indah Simamora, yang membahas berbagai aspek penting dalam penyusunan RPS, seperti: perumusan capaian pembelajaran, pemetaan indikator, penilaian berbasis kompetensi, serta strategi pembelajaran aktif dengan metode pembelajaran, SDGs, TIK yang sesuai dengan mata kuliah.
Selama sesi workshop, para peserta juga diberikan kesempatan untuk mereviu dan menyusun RPS mereka masing-masing, didampingi oleh tim fasilitator yang kompeten.
Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Quality Berastagi berharap setelah kegiatan ini, seluruh dosen dapat menghasilkan RPS yang lebih berkualitas, terstandar, dan adaptif terhadap dinamika pendidikan tinggi.